C. Tampilan dan Konten Iklan Online

Tampilan ( interface ) memiliki peranan penting untuk menarik calon konsumen. Tampilan yang menarik dan unik akan membuat konsumen tertarik untuk melihat. Beberapa jenis tampilan iklan online :

1. Web Banner Advertising
     a. Tampilan frame ad ( traditional banner )
         Iklan jenis ini dapat dideteksi dengan melihat bentuknya, biasanya berupa garis yang terhubung membentuk sebuah persegi panjang, kotak, baik vertikal maupun horizontal.
Gambar 1.5

     b. Tampilan pop-ups/pop-unders ( pop-up advertisement )
         Tampilan iklan pop-ups biasanya berupa jendela yang muncul tiba-tiba ketika mengunjungi halaman web. Iklan online jenis pop-ups dianggap cenderung mengganggu karena muncul begitu saja " tanpa permisi " dihadapan pengguna halaman web tertentu.
Gambar 1.6

     c. Tampilan iklan melayang ( floating ad )
         Floating ad atau iklan floating adalah iklan yang muncul pada saat membuka sebuah situs atau blog, biasanya berupa banner dan diletakkan di header, sidebar ataupun di footer. 
Gambar 1.7

     d. Tampilan expanding ad
         Menampilkan iklan dalam bentuk yang kecil, dapat berupa teks atau gambar, yang dalam waktu yang telah ditentukan akan tampil dalam bentuk yang besar atau lengkap apabila iklan kecil tadi tidak diklik untuk di-skip.

     e. Tampilan Trick Banners
         Iklan trick banner adalah iklan dalam bentuk banner yang muncul pada saat membuka situs atau blog. Iklan jenis ini biasanya berupa gambar, teks, ataupun kombinasi keduanya. Iklan jenis ini tidak disukai pengguna internet karena mengganggu, dan karena itu penggunaannya tidak direkomendasikan.
Gambar 1.8

     f. Tampilan iklan interstisial ( interstisial ads )
         Iklan interstisial adalah iklan satu halaman penuh yang muncul sebelum halaman web yang sebenarnya. Intertisial ads adalah iklan pengantar sebelum pengguna mengakses konten yang diminta, terkadang sementara pengguna sedang menunggu proses pemuatan ( loading ) konten.

2. Tampilan iklan teks ( text ads )
    Tampilan iklan berupa teks berbasis hyperlink ( tautan ) sering digunakan pada media online. Iklan yang ditawarkan atau ditampilkan berupa teks , yang bisa diklik akan membawa pengguna ke sebuah blog atau web.
Gambar 1.9

Comments

Popular posts from this blog

B. Jenis-Jenis Iklan Online

H. Melacak dan Mengukur ROI ( Return On Investment ) Dari Iklan Online