B. Jenis-Jenis Iklan Online
Jenis- jenis iklan online berdasarkan cara
penyampaiannya
1.
Menggunakan Banner
Media promosi menggunakan banner
menawarkan banyak keunggulan, diantaranya dapat memberikan ruang iklan sesuai
keinginan perusahaan atau pebisnis perorangan. Tampilan iklan banner bersifat
fleksibel, yaitu mengikuti keinginan dan kebutuhan pemasang iklan bisa berupa
teks, gambar, video ataupun kombinasi ketiganya.
Gambar 1.1
2. Menggunakan cara Afiliasi
Iklan online dengan cara afiliasi juga banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Melalui cara ini, perusahaan atau pebisnis perorangan bekerjasama dengan dunia kolega di dunia online dengan perjanjian atau kontrak tertentu.
Gambar 1.2
3. Menggunakan iklan melalui media sosial
Indonesia termasuk 5 besar negara dengan pengguna media sosial tertinggi. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook dan Twitter.
Gambar 1.3
4. Menggunakan search engine marketing ( SEM )
Media online " search engine " memiliki potensi besar untuk dilihat oleh pengguna internet. Hal ini karena umumnya pengunjung web masuk ke website atau blog melalui mesin pencari.
Gambar 1.4
5. Menggunakan mobile advertising
Media iklan online " mobile " saat ini menjadi tren karena banyak konsumen atau calon konsumen menggunakan handphone yang sudah terkoneksi dengan intenet atau smartphone.
6. Menggunakan marketplace
Market place menyediakan toko online yang dapat dimiliki oleh pengguna internet dengan cara yang mudah dan tidak berbayar ( Gratis ). Adapun cara pemasaran yang dilakukan oleh marketplace yaitu dengan mengiklankannya di mesin pencari dan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya.
Comments
Post a Comment