H. Melacak dan Mengukur ROI ( Return On Investment ) Dari Iklan Online

1. Definisi ROI
ROI ( Return on investment ) atau ROR ( Rate of return ), atau dalam bahasa Indonesia laba atas investasi atau tingkat pengembalian investasi atau tingkat pengembalian investasi, adalah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan.

2. Manfaat perhitungan ROI
a. Membuat keputusan yang lebih tepat tentang jumlah anggaran dan tawaran
b. Memahami iklan dan kata kunci yang sangat memengaruhi laba Anda
c. Anda akan mempelajari beberapa banyak uang yang telah anda hasilkan dengan beriklan bersama penyedia iklan.

3. Menghitung ROI


ROI = ( Pendapatan – Biaya Keseluruhan )            x 100%
                                Biaya keseluruhan

Contoh menghitung ROI untuk iklan online :
Pendapatan = Rp.27.000.000,00
Biaya keseluruhan = Rp.20.000.000,00

ROI = ( Pendapatan – Biaya Keseluruhan )            x 100%
                                Biaya keseluruhan

ROI = ( 27.000.000 – 20.000.000 )                               X 100%
                                20.000.000

ROI = 35%

Comments

Popular posts from this blog

C. Tampilan dan Konten Iklan Online

B. Jenis-Jenis Iklan Online